Selain Menambah Pesona, Ini 5 Fungsi Lain dari Topi

Keberadaan topi sebagai sebuah aksesoris tambahan dapat menambah pesona yang menunjang tampilan. Topi sekaligus juga member rasa nyaman ketika kita sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Di masa peralihan musim seperti sekarang ini kadang terik matahari begitu panas kemudian menjadi hujan maka penggunaan topi bisa diandalkan.

Penggunaan topi lebih dikhususkan untuk acara-acara yang bersifat non-formal. Penggunaannya dalam acara formal resmi tentu akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Jadi, kita harus pintar – pintar untuk memilih saat saat mana yang tepat untuk mengenakan topi dan kapan harus menganggalkan topi.

Bagi orang yang selalu tampil kasual, tentunya keberadaan topi akan membuatnya makin terlihat cool dan trendi. Selain memberi efek pada penampilan yang menjadi makin trendi, berikut adalah beberapa manfaat lain dari penggunaan topi.

  1. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut

Fungsi utama dari topi tentunya adalah sebagai pelindung kepala, meliputi rambut dan kulit kepala. Sinar matahari yang begitu terik dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada rambut. Paparan sinar matahari yang cukup lama pada kulit kepala akan membuat kulit kepala mengalami dehidrasi dan akhirnya membawa efek kepala menjadi terasa pusing. Sementara itu di musim penghujan penggunaan topi dapat meminimalisir terjadinya lepek pada rambut.

  1. Melindungi Kedua Mata

Kedua mata merupakan organ yang vital bagi manusia terutama karena fungsinya sebagai organ penglihatan dengannya manusia mampu melihat dunia alam sekitar. Dengan bagian depan topi yang umumnya berukuran agak panjang dan melengkung, menjadikan topi mampu untuk melindungi kedua mata dari sinar matahari yang menyebabkan silau. Dengan adanya topi ini membuat pandangan kita lebih maksimal sehingga tetap nyaman untuk melakukan aktifitas di luar ruangan. Sekaligus juga hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Membantu Mengatur Rambut

Keberadaan topi sekaligus dapat menutupi rambut yang rusak, susah diatur, kaku atau mungkin sedang kehabisan minyak rambut. Dengan mengenakan topi kita akan terlihat lebih rapi karena rambut tidak terlihat berserakan tak karuan. Namun tentu saja pemilihan jenis topi harus dilakukan dengan cermat agar tidak semakin memperburuk kondisi rambut. Topi dengan jenis bahan ringan seperti snapback cocok digunakan saat dalam kondisi cuaca terik matahari. Sedangkan untuk topi jenis beanie akan lebih cocok untuk digunakan saat kondisi udara dingin. Kesalahan dalam pemilihan topi yang sesuai jug adapt menimbulkan rambut makin berminyak, ketombe bermunculan hingga resiko kerontokan rambut.

  1. Memberikan Ciri Khas Tersendiri

Jika seseorang ingin terlihat beda dengan yang lain, orang tersebut bisa memulainya dengan mengenakan topi dalam segala aktifitas sehari – hari. Orang lain akan lebih mengingat anda dengan ciri khas topi yang dikenakan. Anda bisa mengenakan macam-macam topi secara bergantian untuk menghindari rasa bosan.

  1. Dilirik oleh Lawan Jenis

Dengan paduan busana yang serasi maka penggunaan topi bisa membuat peluang anda untuk dilirik lawan jenis menjadi semakin tinggi. Hal ini karena secara tidak langsung anda tampil beda dengan kebanyakan orang yang lain. Karena bagaimana pun juga yang dilihat orang untuk pertama kali adalah tampilan dan gaya berpakaiannya.

Dengan beberapa manfaat tersebut di atas tentu semoga semakin menambah kepercayaan diri saat sedang beraktifitas di luar ruangan. Terutama untuk anda yang suka bepergian travelling mengunjungi berbagai destinasi wisata tentunya penggunaan topi benar-benar dibutuhkan agar liburan tetap terasa nyaman.