Kawat Seling Galvanis Sebagai Peralatan Rigging

Posted on August 11, 2020Comments Off on Kawat Seling Galvanis Sebagai Peralatan Rigging

kawat seling galvanis

Rigging merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menangani material dengan beban-beban yang besar. Untuk mengangkat beban-beban tersebut tentu memperlukan sebuah bantuan berupa tali. Tali yang digunakan juga bukanlah tali sembarangan, melainkan tali yang berasal dari baja seperti kawat seling galvanis karena memiliki kekuatan yang baik.

Keunggulan dari kawat baja ini dibandingkan kawat yang lain sangatlah banyak Seperti tidak mudah rantas, mampu digunakan berkali-kali, keamanan yang sangat terjaga, lebih kuat dibandingkan talli tampar, dan lebih lentur dibandingkan dengan kawat bendrat. Oleh karena itulah mengapa kawat seling galvanis dijadikan tali untuk mengangkat material berat pada rigging.

Selain kawat seling galvanis,  beberapa jenis peralatan yang digunakan dalam rigging adalah sebagi berikut:

  1. Shackle

Shacke merupakan alat bantu pengait yang berada diantara mata seling dengan pengait barang tertentu serta terbuat dari bahan steel. Fungsi dari shackle sebagai penghubung seling dengan pengait barang, sehingga jika pengait barangnya berbentuk lingkaran, maka harus menggunakan shackle untuk menghubungkan seling. Keuntungan penggunaan shackle ini yakni anda dapat menggunakan 1 seling untuk beberapa barang yang akan dipindahkan atau diangkat.

  1. Clamp atau wire rope clip

Wire rope clip atau clamp digunakan untuk merapikan atau memperbaiki ujung bebas dari loop yang kembali ke tali kawat.Untuk mengakhiri tali kawat, biasanya menggunakan tiga atau lebih klem. Sedangkan untuk diameter tali baja 50,8 mm mengggunakan klem sebanyak 8.

  1. Wire rope thimble

Saat tali kawat diakhiri dengan loop atau lingkaran, maka bisa saja terjadi resiko tali tertekuk terlalu ketat. Terlebih lagi saat loop terhubungke perangkat yang penyebaran bebannya di area yang relatif kecil. Untuk menjaga bentuk alami dari loop, menghindari abrasi dan melindungi kawat baja agar tidak terjepit, maka thimble dapat diinstal kedalam lingkaran.

  1. Turnbuckle

Merupakan perlengkapan yang digunakan untuk menyesuaikan panjang atau ketegangan dari wire rope. Turnbuckle terdiri dari dua ulir, dan satu sumbu dengan dua penngait yang bertolak belakang. Ujung-ujung pengaitnya dapat disesuaikan dengan cara diputar, baik diputar keluar atau masuk secara bersamaan.

  1. Hook

Hook merupakan alat untuk meraih dan mengangkat barang dengan cara dikaitkan. Untuk hook angkat, umumnya dilengkapi dengan kait pengaman guna mencegahnya lepas dari kaitan tali kawat seling dari barang yang diangkat.

  1. Hammerlock

Disebut juga dengan connection link, yyang fungsinya sebagai penyambung mata rantai ke alat lain, seperti ring, hook atau segel.